CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

03 Desember, 2012

Bento


Bento yang sering kita dengar biasanya mengacu pada restaurant jepang siap saji hoka-hoka bento, ya ga?

sebenarnya bento adalah bekal makanan siang yang terdiri dari: nasi, lauk-pauk, sayur/salad, dan buah-buahan yang disajikan dalam wadah makanan.
Perempuan Jepang biasanya menghias bento sedemikian cantiknya untuk orang yang dikasihi (pacar/suami/anak) supaya mereka menjadi berselera untuk memakannya. 
Bento bisa dihias dengan mengikuti karakter anime, manga, ataupun karakter video game, biasanya disebut gaya kyaraben. Bisa juga dihias dengan gaya oekakiben mengikuti objek seperti bangunan, pemandangan, orang, dan lainnya.

ini contoh bento Sanji One Piece yang sayang untuk dimakan. hihiii...



Melihat beberapa bento yang cantik2 digoogle, saya jadi penasaran ingin mencoba membuatnya...
saya melihat bahan-bahan makanan yang ada didapur ibu, disana saya hanya menemukan terong, telur, sosis dan tepung bumbu dan bumbu instan. :)

dengan pengetahuan dan bakat memasak yang standar, saya mulai memasaknya. pertama saya memotong terong, melumurinya dengan tepung bumbu instan lalu menggorengnya, dan jadilah terong crispy. kedua saya mendadar telur dengan Mas*ko, lalu menggoreng sosis.

berikutnya nih pekerjaan yang paling susah, yaitu menghias masakan yang sudah ada menjadi cantik dan menarik.
saya mengepal nasi menjadi bentuk wajah lalu menggambar mata,alis dan bibir dengan saus sambal. kemudian saya menyusun telur, terong crispy dan sosis sekenanya. dan yang terakhir saya menambahkan potongan buah mangga dispace sebelahnya.

begini hasilnya...



tidak se"keren" bento Sanji One Piece diatas ya??
tapi berhubung karya sendiri, ya bangga aja sih... hehee

waktu saya membuatnya, bapak-ibu saya sedang tidak ada dirumah dan saya juga tidak punya pacar. nah, berhubung tidak ada seseorang istimewa yang bisa berikan, jadi bento tersebut saya makan sendiri deh.

supaya lebih berasa jepangnya, makannya juga harus pake sumpit dong.. 


(wajah saya kucel ya? iya, waktu itu saya sedang dalam masa pemulihan pasca sakit. hehe. ga papa kucel, yang penting eksis. ya ga?)

itadakimasu, mina san...

coba deh bikin bento untuk orang yang kamu kasihi,pasti rasanya menyenangkan..